Akhirnya Sidang Tugas Akhir Berakhir Juga

Sabtu, 04 Agustus 2012 0 komentar
Alhamdulillah.. itu kata pertamaku yang diucapkan ketika sidang TA-ku berakhir (1 Agustus 2012). Cemas, senang, lega, khawatir, takut, lagi-lagi semua bercampur-aduk menjadi satu. Bagaimana tidak, pada saat sidang saya belum menyelesaikan project secara keseluruhan. Saat itu waktu yang saya punya dan konsentrasi sudah terbagi karena matrikulasi di seamolec. Namun apapun yang terjadi 'show must go on' :)

Dengan segala persiapan yang kupunya, kuberanikan diri untuk mendatangi ruang sidang. Parahnya, saya terlambat 2 atau 3 menit karena memang saya belum betul-betul siap. Janganlah menunggu sampai siap untuk memulai, tapi cobalah untuk memulai maka kamu akan siap. Kalimat itu juga sempat terngiang di telingaku :)
*Walaupun akhirnya saya terlambat juga

Pada saat memasuki ruangan sidang, pembimbing mulai memarahi saya. Namun dengan tenang dan penuh senyum ku mencoba untuk mengakui kesalahan saya. Saya langsung memulai presentasi saya di depan para penguji. Dengan suara yang sedikit serak plus batuk-batuk, dengan lantang saya mencoba menjelaskan project Tugas Akhir yang saya buat. Dengan judul yang cukup panjang, yaitu "Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Point Of Sales Berbasis Desktop untuk mempercepat Transaksi dan Pembuatan Laporan pada Toko Ritel dengan J2SE" saya buat semua penguji untuk terus memperhatikan presentasi saya.

Tibalah pada sesi tanya-jawab.. Nah inilah bagian yang saya khawatirkan, karena saya tau bahwa project yang saya buat ini belum selesai. Dengan modal percaya diri dan tidak memperlihatkan bahwa saya memang belum selesai mengerjakan proyek TA, saya tetap menjawab semua pertanyaan penguji. Namun pada akhirnya salah satu penguji meminta saya untuk menampilkan report dari aplikasi saya. Akhirnya terbongkar sudah :D Tapi saya tidak tinggal diam dan pasrah, saya masih mempunyai senjata. Yup! saya masih punya 'konsep'. Dengan konsep yang saya punya, saya pun bisa menembak penguji tadi tepat di kepalanya, 'Head Shot!' Hahaha..

Sidang yang sangat singkat itu akhirnya berakhir, saya diberitahukan bahwa beberapa menit lagi nilai akan keluar. Fhuh.. lega rasanya setelah disidang. Namun saya merasa presentasi saya kurang maksimal. Di pikiran saya terus menebak bahwa saya akan mendapatkan nilai 'C' dan mungkin saya akan mengulangnya. Tapi yasudahlah, apapun yang terjadi saya akan terima hasilnya, yang penting saya sudah berusaha semaksimal mungkin. Dan alhamdulillah.. tak henti saya berucap syukur kepada Allah swt, saya pun mendapat nilai yang cukup memuaskan, saya mendapat nilai 80,25 yang berarti saya mendapat nilai A :D

Walaupun masih ada beberapa yang harus saya revisi tentang laporan dan aplikasinya, saya dapat mengambil pelajaran, diantaranya:
  1. Kita tidak dituntut untuk berhasil, kita hanya perlu mencoba dan berusaha semaksimal mungkin. Soal hasil biar Tuhan yang menentukan :)
  2. Kita tidak bisa mengejar 2 kelinci sekaligus dalam satu waktu. Kita pun harus memilih salah satu terlebih dahulu. Artinya kita harus fokus dengan tujuan yang prioritas terlebih dahulu. Karena jika kita telah menangkap satu kelinci mungkin saja kelinci yang kedua adalah pasangan kelinci yang pertama, sehingga dengan mengambil salah satunya, besar kemungkinan kelinci kedua akan mengejar kelinci pertama :)
Ok, keep positive.. see u on TOP!^^

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Newbie's Freak | TNB